Diposkan pada Tips & Tutorial

Tips Belajar Bahasa Korea

Tips Belajar Bahasa Korea

Well kali ini saya ingin membahas beberapa tips belajar bahasa Korea. Jangan salah sangka dulu. Saya bukan ahli bahasa Korea atau semacamnya, saya hanya ingin sharing saja apalagi untuk yang baru berkecimpung di dunia bahasa Korea. Tips ini merupakan hal-hal penting yang saya dapatkan selama saya belajar bahasa Korea. Oke, tanpa basa basi lagi cek beberapa tipsnya ya.

Yang pertama :

Cari guru/kursus bahasa korea di sekitar tempat Anda.
Yah cara ini merupakan cara yang paling baik sih karena bahasa Korea agak susah. Untuk yang tidak mau kursus bisa skip tip ini. Kita lanjut ke tips belajar bagi yang mau belajar otodidak hehe.

1. Mulai dari Hangeul

Untuk yang tidak tahu apa itu hangeul, hangeul adalah aksara Korea. Coba belajar hangeul. Sama sekali tidak sulit kok. Jangan disamakan dengan karakter China karena hangeul ini jauuuuuh lebih mudah. Tapi meskipun mudah jangan anggap remeh hangeul. Ada beberapa hal yang penting untuk dipelajari, misalnya perubahan bunyi atau cara menulis kata serapan.

2. Jangan suka menggunakan romanisasi

Hal ini sangat penting karena terkadang romanisasi malah bisa membuat bingung, apalagi kalau harus menulis hangeul yang asalnya dari romanisasi. “Tapi kan belum bisa hangeul?” Makanya belajar hangeul dulu 😀 Belajar hangeul bisa membuat kita lebih cepat mengerti kok karena kita bisa ngeliat perubahan-perubahan katanya. Kalau pakai romanisasi malah membingungkan loh.

Perlu diketahui juga kalau tidak semua orang Korea itu jago romanisasi. Ini serius. Saya pernah minta alamat teman saya disana karena saya ingin mengirimkan kado ulang tahun. Ternyata dia malah memberikan alamatnya yang full hangeul dan dia bilang dia bingung untuk romanisasinya. Jadi kalau kalian chatting dengan orang Korea pakai romanisasi, mungkin akan banyak orang Korea yang tidak mengerti kalian menulis apa.

3. Beli buku belajar bahasa Korea
Ingat ya tidak semua buku belajar bahasa Korea itu bagus. Terkadang buku itu malah bisa menjebak juga. Beberapa tips memilih buku :

  • Kalau kamu benar-benar pemula jangan beli buku percakapan terlebih dahulu! Jangan! Buku percakapan itu dipakai kalau kamu sudah tahu dasar-dasarnya. Jika kita membeli buku percakapan terlebih dahulu, kita hanya akan tahu kata-kata yang itu-itu saja. Lebih baik beli buku tata bahasa agar mengerti pola-pola kalimat.

  • Jangan beli buku yang menggunakan full romanisasi. Cari yang pakai hangeul! Sudah dijelaskan di atas mengapa jangan memakai romanisasi.

  • Beli buku yang bertahap-tahap, misalnya ada tahap dasar, menengah, dan mahir. Biasanya buku seperti itu lebih lengkap.

  • Jangan tertipu judul. Lihat buku yang berjudul “Lancar Bahasa Korea dalam 1 Jam Saja” langsung dibeli. Tidak ada yang seinstan itu, dear.

  • Cek daftar isi jika memungkinkan. Sesuaikan dengan kebutuhan kamu.

  • Saya secara pribadi lebih suka buku dari luar negeri apalagi yang ditulis oleh orang Koreanya sendiri. Buku yang dijual di toko buku Indonesia menurut saya oke untuk pemula. Tetapi kalau level kalian intermediate ke atas saya ragu buku-buku tersebut bisa “memuaskan” kalian karena sampai tulisan ini diterbitkan, saya belum menemukan buku belajar bahasa Korea dalam bahasa Indonesia yang bagus untuk level intermediate ke atas. Kembali ke poin di atas, cek daftar isi sebelum membeli.

4. Cek website belajar bahasa Korea online

Banyak sekali sumber untuk belajar bahasa Korea di internet. Kebanyakan website memberikan pelajaran secara gratis meskipun rata-rata dalam bahasa Inggris. Salah satu yang saya rekomendasikan sekali adalah talktomeinkorean.com. Site ini bagus sekali untuk belajar bahasa Korea dalam berbagai level. Penyampaiannya juga menarik dan ada audionya juga.

5. Cari language partner

Jika tidak memungkinkan  untuk bertemu orang Korea di sekitar, kalian bisa cari secara online. Orang Korea yang memakai sosial media banyak banget loh. Coba cek 김 (Kim) ,이 (Lee), 박 (Park) di Facebook, kalian pasti akan menemukan banyak sekali akun. Tetapi sangat tidak disarankan untuk asal me-add sembarang orang. Nanti mereka dapat merasa terganggu loh. Jadi lebih baik cari di situs penpal atau situs yang memang diperuntukkan untuk language exchange misalnya italki. Language partner ini penting sekali karena percuma saja belajar bahasa tetapi tidak dipakai sama sekali.

6. Belajar bahasa Korea dari hal yang kamu suka

Sering-sering menonton drama, variety show Korea atau mendengarkan Kpop. Banyak yang menyarankan cara ini. Dengan menonton drama atau mendengarkan musik Korea kita dapat mengetahui pengucapan yang tepat sekaligus untuk latihan listening. Kalian bisa mencatat lirik dari lagu yang kalian suka kemudian cari tahu artinya. Selain media-media tersebut, saya juga membaca webtoon dalam bahasa Korea karena saya suka komik hehe.

7. Buat catatan

Catat hal-hal baru yang kalian dapatkan. Saran saya lebih baik gunakan aplikasi note di smartphone kalian dibandingkan dengan buku tulis. Kelebihannya, ketika kita membutuhkan catatan tersebut, misalnya lupa suatu kalimat artinya apa, kita bisa langsung mencari tanpa harus membolak-balik buku catatan. Selain karena ketidaksanggupan kita untuk mengingat segala hal, alasan lain kenapa mencatat perlu adalah karena terkadang kita mendapatkan materi dari banyak sumber. Tentunya akan menghabiskan waktu jika kita bolak-balik ke sumber yang sama berkali-kali jika kita lupa sesuatu.

Hmmm apalagi ya? Intinya HARUS BELAJAR YANG RAJIN *bicara dengan diri sendiri yang rada malas*. Tidak ada sesuatu hal yang instan dalam belajar sesuatu. Fighting~~!
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s