Trik Membedakan Shi, Tsu, So dan N Pada Katakana

Trik Membedakan Shi, Tsu, So dan N Pada Katakana

Yap tulisan kali ini adalah tulisan tentang bahasa Jepang saya yang pertama, yay! Saya memutuskan untuk belajar bahasa Jepang lagi karena beberapa alasan, salah satunya karena saya sedang jenuh dengan Bahasa Korea. Saya pernah belajar bahasa Jepang saat masih kelas 3 SMP di salah satu tempat kursus di dekat rumah. Karena dulu saya tidak terlalu rajin dan juga kursusnya hanya beberapa kali pertemuan saja, bisa dibilang saya nyaris tidak ingat apa-apa lagi tentang bahasa Jepang.

Jadi intinya saya harus belajar lagi dari nol. Hal pertama yang saya pelajari adalah kana atau huruf-huruf dalam Bahasa Jepang. Ya kalian pasti tahu bahwa dalam bahasa Jepang terdapat beberapa jenis huruf. Mempelajari kana adalah salah satu momok bagi saya. Beberapa kali belajar dan beberapa kali juga akhirnya lupa. Duh. Saya tidak sedang membahas kanji ya. Hiragana dan Katakana saja sudah cukup ‘horror’ bagi saya. Bentuknya susah, hiks.

Saking frustasinya saya sempat browsing tips dan trik menghafal katakana. Mengapa katakana? Ya karena menurut saya pribadi bentuk katakana lebih susah diingat dibandingkan hiragana. Saya tidak tahu mengapa, mungkin karena huruf hiragana lebih sering dipakai dan lebih sering saya lihat. Mungkin loh.

Setelah browsing saya nyaris tidak mendapatkan apa-apa. “Kana itu tidak perlu dihafal. Yang terpenting sering dipakai saja. Nanti lama-lama akan ingat kok.” Yap, itu salah satu kutipan yang saya anggap ada benernya juga. Saya memang pantang menghafal. Bukannya tidak mau, tetapi otak saya tidak sanggup.

Tapi saya menemukan sedikit trik dari Mr. Donnie yang ditulis di website-nya The Japan Guy. Trik ini menurut saya keren dan saya takjub karena dari dulu saya memang bingung bagaimana membedakan cara penulisan シ(shi) dan ツ(tsu),  ソ(so) dan ン (n) dalam katakana. Mirip kan?

Begini nih triknya. Gambarnya saya ambil dari website Mr. Donnie jadi kredit sepenuhnya untuk beliau.

●Perbedaan penulisan シ(shi) dan ツ(tsu)

wpid-katakanashi1.png

Untuk シ(shi), garis-garis pendek dan kurvanya berada pada garis vertikal yang sama. Kurvanya bisa kalian tulis dari bawah ke atas.

 

wpid-katakanatsu.png

Untuk ツ(tsu) garis-garis pendek dan kurvanya berada pada garis horizontal yang samanya. Kurvanya bisa ditulis dari atas ke bawah.

●Perbedaan penulisan ソ(so) dan ン (n)

wpid-Katakanan.png

Untuk n garis pendek dan kurvanya berada pada garis vertikal yang sama. Yah mirip dengan シ(shi) hanya saja garis pendeknya satu saja. Penulisan kurvanya juga dari bawah ke atas.

wpid-Katakanaso.png

Penulisan “so” mirip dengan “tsu” tapi garis pendeknya hanya satu. Garis pendek dan kurvanya ada di garis horizontal yang sama dan kurvanya ditulis dari atas ke bawah.

Jadi terlihat perbedaannya kan??? Bagi kalian yang memiliki masalah yang sama semoga tulisan ini membantu karena saya pribadi merasa terbantu sekali haha. Untuk para pejuang kana di luar sana semangat ya!! Pasti bisa! Ganbatte!

One thought on “Trik Membedakan Shi, Tsu, So dan N Pada Katakana

Tinggalkan Balasan

