Saya Bukan Orang Indo

Saya Bukan Orang Indo

wpid-chibi_indonesia__kirana_by_bzsarahhime-d5ttym72.png

Well, jika membaca judul di atas mungkin akan di antara kalian ada yang bertanya-tanya atau bahkan emosi. “Oh jadi karena suka belajar bahasa asing tidak mau lagi jadi orang Indo ya? Sombong amat.”

Mari kita luruskan. Saya adalah orang Indonesia asli 100%. Bagaimanapun saya mengelak, saya tetap orang Indonesia (lah wajah saya melayu begini kok). Tetapi bukan itu masalahnya. Saya orang Indonesia tetapi saya bukan orang Indo. Memangnya berbeda? Berbeda dong.

Indo (인도) dalam bahasa Korea berarti India. Karena nama 인도 (indo) mirip dengan 인도네시아 (indonesia) jadi banyak orang Korea yang mengira Indo atau India dan Indonesia itu adalah negara yang sama. Saya harus berkali-kali memberitahu mereka “saya bukan orang Indo! (전 인도 사람 아니에요!).” Contohnya seperti ini :

X : “어디 살아?” (Kamu tinggal dimana?)
Saya : “인도네시아. 알아?” (Indonesia. Tahu?)
X : “응 알지. 난 카레 좋아해 ㅋㅋ” (Tahu dong. Aku suka kare)
Saya : “응? 카레? 카레가 인도네시아 음식 아냐.” (What? Kare? Kare bukan makanan indonesia)
X : “ㅇㅇ? 인도 음식이잖아. 인터넷에서 봤어” (Itu makanan Indo kan. Aku lihat di internet)
Saya : “ㅋ나 인도 사람이 아니라 인도네시아 사람이야 ” (Aku bukan orang Indo tapi orang Indonesia)
X : “헐 달라?? 똑 같은 나라인줄 알았어..미안” (Hah beda?? Aku kira negara yang sama..maaf)
Saya : “…..”

Kejadian di atas tidak terjadi satu atau dua kali tetapi berkali-kali. Persentasenya mungkin 75% dari frekuensi chatting saya dengan orang Korea. Saya tidak emosi juga sih, hanya saja tidak habis pikir. Sebegitu tidak terkenalkah negara kita? Atau mereka yang kurang mempelajari geografi? Bisa jadi. Jujur saja, saya pernah berdebat cukup panas dengan seorang mister Korea tentang letak Meksiko. Dia tidak percaya jika Meksiko letaknya di Amerika dan dengan keras kepalanya berkata bahwa Meksiko letaknya di Eropa. Sumpah, saya speechless dan dengan bodohnya saya malah mencari di Google tentang letak Meksiko untuk memastikan kalau Meksiko memang benar terletak di Amerika. Screenshot percakapannya masih ada sih tetapi tidak bisa saya cantumkan di sini karena si pelaku tahu alamat blog saya. Tidak lucu kan jika dia menemukan percakapan yang “sangat familiar” di sini. Yah tetapi orang Korea yang seperti itu kan hanya oknum tertentu saja. Kita tidak bisa menghakimi bahwa semua orang Korea kurang mengerti geografi. Mungkin saya saja yang sial karena banyak menemukan orang yang seperti itu.

Oke, lanjut. Jadi harus diperhatikan sekali jika kalian chatting dengan orang Korea jangan pernah menyingkat Indonesia menjadi Indo dan segera mengelak kalau mereka mengira kalian adalah orang Indo a.k.a India. Orang Korea jika menyingkat 인도네시아 (Indonesia) akan menulis 인니 (Inni). Lucu juga ya singkatannya haha. Mengapa 인니? Mengapa bukan 인네 (Inne). Tanya mereka saja ya :p

Terlepas dari kurangnya pemahaman mereka tentang geografi atau semacamnya ada baiknya juga bagi kita untuk sering mempromosikan negara kita. Mungkin saja memang negara kita yang kurang terkenal sehingga mereka berpikir bahwa Indonesia dan India merupakan negara yang sama. Padahal mereka tahu Bali, tetapi kebanyakan dari mereka tidak tahu bahwa Bali berada di Indonesia. Duh! Kalian bisa basa-basi bertanya “kamu tahu Bali? Bali itu merupakan salah satu pulau yang terkenal di Indonesia loh. Pulau yang lain juga tidak kalah indahnya. Coba datang deh”.

Ya sudahlah. Intinya saya adalah orang Indonesia bukan orang Indo. Sekian!

One thought on “Saya Bukan Orang Indo

Tinggalkan Balasan

