(Batal) Ikut Ujian TOPIK

(Batal) Ikut Ujian TOPIK

Well, sudah lumayan lama juga ya saya tidak memperbaharui blog ini. Meskipun sudah waktunya liburan, tapi tetap saja saya tidak sempat untuk menulis sesuatu di blog, duh. Sebenarnya banyak sekali hal yang ingin saya tulis tetapi agak susah mencari waktu untuk menulis. Berhubung waktu saya sekarang sudah agak free, saya jadi ingin menulis lagi deh.

Intinya begini, tulisan ini saya tulis karena saya ingin curhat. Ceritanya saya batal untuk ikut ujian TOPIK tahun ini 😦 Duh, perasaan saya jadi campur aduk, antara sangat kecewa, kesal, tidak tahu harus berbuat apa, galau, pokoknya macam-macamlah. Kenapa bisa batal? Telat daftar T.T

Padahal, saya sudah merencanakan matang-matang untuk ikut ujian sampai sudah persiapan juga. Liburan pun rencananya saya akan mempersiapkan untuk ujian meskipun tahun depan harus menulis skripsi. Rencananya, bulan Agustus ini saya akan mendaftar dahulu untuk ujian TOPIK bulan Oktober. Tetapi ternyata pendaftarannya sudah ditutup. Tetot.

Agak kesal juga sebenarnya, mengapa saya tidak mencari informasi lebih awal. Saya tahu bahwa pendaftaran TOPIK di JIKS memang lebih cepat. FYI, di website resmi TOPIK jadwal pendaftaran tertulis tanggal 16-25 Agustus 2014 untuk ujian TOPIK ke-36 yang dilaksanakan pada tanggal 12 Oktober. Yah saya pikir pendaftaran “lebih cepat” itu maksudnya lebih cepat seminggu atau dua minggu, tetapi ternyata saya salah. Di JIKS pendaftarannya adalah pada tanggal 23 Juni – 18 Juli 2014. Err…

Saya baru tahu hal itu pada tanggal 3 Agustus kemarin ketika mengobrol dengan Elisa, teman saya yang ingin mengikuti TOPIK juga. Lisa memberitahu saya bahwa dia hanya bisa mendaftar hari Rabu, jadi saya mencoba mencari informasi kapan tanggal pendaftaran TOPIK di JIKS. Awalnya, saya menemukan informasi di Kompasiana bahwa tanggal pendaftarannya adalah dari 23 Juni sampai dengan 11 Juli. Saya agak tidak percaya sih, bukan pada informasinya tetapi pada kenyataan bahwa kita sudah telat mendaftar. Saya mulai panik, panik, dan panik, sampai akhirnya mengecek website JIKS (Jakarta International Korean School, tempat ujian TOPIK diadain). Pada website versi PC tidak terlihat apa-apa, akan tetapi di website versi mobile ternyata ada informasinya (lihat disini). Herannya, meski informasi tersebut diterbitkan 16 Juni yang lalu, sampai tulisan ini saya terbitkan status pengumumannya masih 다음 (nanti) dan gambarnya masih disamarkan.

image

Setelah melihat itu saya mulai agak lega dan berharap pendaftarannya belum dibuka. Lisa penasaran mengapa gambarnya disamarkan, jadi dia mencoba untuk mencari gambar aslinya di Google (sepertinya dia menggunakan keyword dalam bahasa Korea karena jika dicari menggunakan keyword ini : 제36회 한국어능력시험 인도네시아 akan ketemu). Saya mendapatkan gambar aslinya di website innekorean.

image

Dan tradaa pendaftarannya memang sudah lewat. Hiks saya patah hati. Saya sudah mencoba untuk mngemail JIKS mengenai hal ini tetapi masih belum ada jawaban. Sepertinya saya memang belum bernasib untuk mengikuti ujian ini. Mungkin Tuhan ingin saya belajar lebih banyak sebelum ujian jadi ketika ikut ujian skor saya bisa lebih bagus. Mungkin. Tapi tidak apalah, setidaknya saya jadi memiliki waktu lebih lagi untuk belajar. Sebenarnya tanpa ujian juga tidak apa-apa, yang terpenting adalah ilmunya kan *mendadak bijak.

Sampai jumpa TOPIK. Mungkin kita memang belum berjodoh :’)

Iklan

10 thoughts on “(Batal) Ikut Ujian TOPIK

      1. Tadi kenalanku udah nelpon mbak, sejauh ini sih tanggal pendaftarannya katanya sama kaya di topikguide.com. Kalau mau nelpon pakai bahasa korea katanya hehe…

    1. Kalau mau daftar silahkan ke JIKS (jakarta international korean school) aja…Tapi untuk ujian yang bulan april pendaftarannya sudah tutup sih, mungkin bisa dicoba ikut yanh bulan oktober (pendaftarannya sekitar agustus)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s