Diposkan pada Bahasa Korea, Learning Logs, TOPIK

Learning Log : TOPIK ke-35

Selama dua hari ini saya mencoba belajar bahasa Korea melalui soal TOPIK Beginner ke-35. Awalnya saya terinspirasi oleh Elisa yang rajin sekali belajar soal-soal TOPIK. Akhir-akhir ini saya memang lebih banyak belajar bahasa Jepang berhubung saya batal ikut ujian TOPIK. Tetapi melihat Lisa yang rajin sekali, saya jadi ingin belajar juga hehe. Kalau ingin mengunduh soal-soal TOPIK kalian bisa berkunjung ke TOPIK GUIDE. Saya melakukan simulasi ujian dengan waktu sesuai ujian, tutup buku, dan track listening-nya hanya diputar sekali. Hasilnya?

듣기 (listening) : 90, 읽기 (reading) =82. Tidak bagus-bagus amat, tapi tidak jelek-jelek amat juga sih. Hasil listening lumayan juga ternyata, padahal saya paling takut terhadap ujian listening. Maklum, saya belajar otodidak dimana saya lebih banyak menulis daripada mendengarkan. Kadang-kadang saya tahu kata-kata yang diucapkan, tetapi karena yang mengucapkan adalah native speaker jadi agak susah saya “tangkap”. Sebenarnya pengucapan di ujian listening TOPIK sudah cukup lambat sih, jadi lumayan membantu juga. Saya tidak terbayang bagaimana ujian Intermediate-Advance-nya.

Hasil ujian reading cukup mengecewakan bagi saya. Saya sadar kalau masalah utama saya adalah kosakata. Kosakata saya tidak begitu banyak berhubung saya malas menghafal dan hanya tahu kata-kata yang sering dipakai ketika chatting. Karena itu hasil reading saya tidak begitu bagus. Kalau untuk masalah tata bahasa, jujur saya cukup percaya diri. Tetapi sayang sekali ujian tata bahasa sudah dihapus dari TOPIK dan yang tersisa hanya ujian reading dan listening. Dari hasil menjawab soal TOPIK tersebut, saya mengumpulkan kata-kata yang baru saya dengar atau yang sudah sering saya dengar tetapi saya tidak pernah mencari artinya apa. Daftar kata-kata tersebut saya tulis di bawah ini. Semoga kosakata ini tetap bisa saya ingat. Target saya selanjutnya adalah menambah kosakata semampunya. Semangat!!!!

Kosakata yang cukup “asing” bagi saya dalam ujian TOPIK ke-35 adalah :

물음 : pertanyaan
고르다 : pilih
이어지다 : menyambung, berlanjut
알맞다 : cocok
권 = volume, buku
빌리다 = pinjam
가게 = toko
공원 = taman
문구점 = stationery store
공항 = bandara
시장 = pasar
사진관 = studio foto
고향 = kampung halaman
값 = harga
회의 = meeting
계절 = musim
자전거 = sepeda
내용 = konten
쭉 = lurus
미술관 = galeri seni
사진기 = kamera
입구 = entrance
맡기다 = meninggalkan, meletakkan
구경 = sightseeing
직접 = personally, in person, directly
방법 = way, means, manner, method
자료 = material, data, reference
여권 = passport
여러 = many, several, plenty of
저런 = such
가볍다 = ringan
튼튼하다 = kuat
주머니 = kantong
가지 = jenis
짐 = luggage
지하 = basement
이용하다 = menggunakan
안내 = guidance
급하다 = in hurry
특급 = limited express
포장하다 = packing
나누기 = division
모임 = gathering
창소 = cleaning
담그다 = make
장소 = place, location, position
맑다 = clear, sunny
구름 = awan
등산 = hiking
가지다 = have
음악회 = concert
기간 = periode
일시 = temporarilly
산책 = take a walk
극장 = theather, cinema
공연 = performance
표 = ticket
종이컵 = paper cup
버리다 = throw away, abandon, discard
교통경찰 = polisi lalu lintas
다니다 = go over (to)
그때그때 = time to time
부드럽다 = soft, smooth, mild
말 = horse
나다 = grow, happen, occur
축제 = festival
들어 있다 = contain
국물 = sup, cairan (라면 국물 = air pada ramyun)
스프 = sup, bisa juga berarti “bumbu”
덜 = less/not completely yet
적다 = few, little, small
동전 = koin
지폐 = uang kertas
찢어지다 = get torn, get ripped
더러워지다 = get dirty
내다 = publish, release
가짜 = palsu
대회 = general meeting
참가 =participate
학생회관 = student’s hall
체육관 = gym
참가자 = participant
전통 = tradisional
음료수 = minuman
잔치 = party, feast
소화 = disgestion
달다 = manis
간단하다 = sederhana
문제를 풀다 = menyelesaikan soal
책상 = writing table
달라지다 = change
사무실 = kantor
초대장 = invitation card

Tinggalkan Balasan

