[REVIEW] Lang-8.com

[REVIEW] Lang-8.com

“Kunci sukses belajar bahasa asing adalah dengan memperbanyak praktik. Jangan pernah takut membuat kesalahan. Orang-orang yang berhasil pasti juga pernah membuat kesalahan. Bedanya dengan orang yang gagal, orang yang berhasil selalu belajar dari kesalahan yang dilakukannya.”

Yup, mungkin hal itu yang mendasari berdirinya situs lang-8.com. Apa itu situs lang-8.com?

Pada dasarnya situs ini adalah situs dimana kita bisa mengkoreksi tulisan berbahasa asing orang lain dan juga menulis tulisan berbahasa asing yang kita pelajari untuk dikoreksi orang lain. Tentunya tulisan kita akan dikoreksi oleh native speaker-nya. Kita juga bisa mengoreksi tulisan berbahasa Indonesia yang ditulis oleh orang asing. Menarik, kan?

Sebenarnya saya sudah tahu tentang situs ini cukup lama, tetapi baru hari ini saya terpikir untuk membuat akun. Ternyata cukup asik juga ya. Respon berupa koreksi yang kita dapat juga cukup cepat (well, setidaknya untuk Bahasa Korea, untuk bahasa lain saya tidak tahu). Awalnya, saya mendaftar untuk Bahasa Korea dan Bahasa Inggris. Tapi karena respon untuk Bahasa Inggris sangat lama, saya mengganti pilihan bahasa ke bahasa Jepang. Maklum, free user hanya bisa memilih dua bahasa 😦 Saya ingin mendaftar versi premium tapi cukup mahal buat mahasiswi berkantong terbatas seperti saya. Biaya untuk premium adalah USD 7/bulan atau USD 65/tahun.

Situs ini saya rekomendasikan sekali deh. Kapan lagi tulisan kita bisa dikoreksi oleh native speaker secara gratis sekaligus bisa dapat temen baru? Intinya, jangan pernah malu untuk membuat kesalahan. Praktikkan saja apa yang sudah kita pelajari. Toh meskipun salah tidak ada yang akan mengejek kita, kan? Kita tidak kenal mereka dan mereka juga tidak kenal kita :p Jangan seperti saya yang suka belajar tata bahasa tetapi jarang dipraktikkan hehe.

Oke sampai ketemu di lang-8.com. Kunjungi profil saya disini.

Edited :

Saya agak takjub karena ternyata (lumayan) banyak juga ya orang Jepang yang belajar bahasa Indonesia. Dari hasil mengkoreksi tulisan bahasa Indonesia orang lain, semua yang saya koreksi adalah milik orang Jepang. Sebagai perbandingan, orang Jepang yang belajar Bahasa Indonesia ada 1,101 orang sedangkan orang Korea hanya 162 orang.

Tinggalkan Balasan

