Diposkan pada Bahasa Jepang, Edutainment, Learning Logs

Anime Words #1 : 日常 (Nichijou)

Yay, ini merupakan tulisan pertama saya tentang belajar bahasa Jepang melalui anime. Kali ini anime yang saya gunakan (oke..tonton) adalah Nichijou. Sinopsisnya bisa dilihat di MyAnimeList. Anime ini mungkin salah satu anime yang cocok digunakan untuk belajar karena ceritanya sederhana dan mengenai kehidupan sehari-hari. Saya sudah coba mendaftar kata-kata yang saya temukan di anime lain (Tokyo Ghoul) dan hasilnya nol besar karena saya malah terlalu asyik menonton (T T)

source: dlnime.com
source: dlnime.com

Oke jadi saya akan mendaftar kata-kata yang saya dengar di anime ini. Agak susah sebenarnya untuk mendengarkan semua kata yang diucapkan. Pertama, mereka berbicara dengan kecepatan native speaker. Kedua, beberapa kata agak susah dibedakan pengucapannya (misalnya そんな (sonna), saya malah mendengarnya seperti sona). Ketiga, semuanya bertambah parah jika mereka menambahkan aegyo (saya tidak tahu bahasa Jepangnya apa) ketika berbicara. Misalnya saja salah satu karakter di anime ini yaitu Hakase. Susah sekali untuk menangkap kata-kata yang dia ucapkan. Untuk mengatasi kesalahan yang mungkin terjadi karena pendengaran saya yang hmm…begitulah jadi daftar kata tersebut saya post dulu di lang-8 untuk dikoreksi oleh native speaker baru kemudian saya tulis disini. Berikut hasilnya :

● Doushitano (どうしたの?) = what happened?

Penjelasan dari japanase.about.com  : “No (の)” adalah partikel akhir kalimat yang mengubah kalimat menjadi pernyataan. Doushitano (どうしたの) terdengar feminin jadi pembicara laki-laki akan menggunakan Doushitanda (どうしたんだ)dibandingkan Doushitano.

● Watashitachi koukousei nan dayo (私達高校生なんだよ) = Come on, we’re high school student.

● Sorosoro okite kudasai (そろそろ起きてください) = please wake up already

そろそろ (sorosoro) artinya by now atau soon, biasanya digunakan untuk mengungkapkan “waktunya untuk melakukan sesuatu.” (selftaughtjapanese.com)

● Nani shiteruno (何してるの?) = What are you doing?

● Kinou tabetajyanai desuka (昨日食べたじゃないですか?)= Didnt you eat it yesterday?

● Doushiyou (どうしよう?)= What should i do?

● Nani? Kaminari (何?雷?)= What? Thunder?

● Daijyoubu? (大丈夫?)= Are you okay?

Istilah ini sangat sangat sering digunakan di anime.

● Wakannaiyo (わかんないよ) = I dont know

● Tsuitenaijyanai (ついてないじゃない) = I’m not lucky

● Nani o yonderuno (何を読んでるの?) = What are you reading?

● Sore nani go? (それ何語?) = What language is that?

● Koko doko daro (ここどこだろ?) = Where am I?

● Hitotsu, futatsu, mittsu 一つ,二つ,三つ= one, two, three

Penjelasan dari CosCom :

Ada dua jenis sistem bilangan di bahasa Jepang yaitu sistem ichi, ni, san  dan sistem hitotsu, futatsu, mittsu. Sistem ichi digunakan dengan counter (misalnya 1-en, 1-mai, dan 1-dai) sedangkan sistem hitotsu digunakan independen tanpa menggunakan counter. Sistem hitotsu hanya sampai 10 dan tidak bisa digunakan untuk orang, waktu, dan uang.

● Umai (旨い) = delicious

Kata lain yang berarti “enak” adalah おいしい (oishii). Umai (旨い) bisa juga berarti good atau skilled.

● Iidesuka (良いですか?) = Is it okay?

● Kouchou (校長) = School Principal

● Koko wa hitotsu (ここは一つ) = I’ll try this

● Yappa nandemonai (やっぱ何でもない) = Never mind

Yappa (やっぱ) merupakan singkatan dari Yahari (やはり) yang artinya “aku pikir begitu”, “aku sudah tau itu “ atau “seperti yang aku pikirkan” (sumber : Maggie Sensei). Nandemonai (何でもない) artinya It’s nothing atau Never mind (sumber : Japan Guide).

● Dame dame (だめだめ)= no no

● Sou da (そうだ) = That’s right

● Omoshiroi desuyo (面白いですよ) = It’s interesting

● Sonna mainichi desu (そんな毎日です) = This is my everyday life

Tinggalkan Balasan

