Kutipan Drama #1 : 半沢直樹 (Hanzawa Naoki)

Kutipan Drama #1 : 半沢直樹 (Hanzawa Naoki)

皆さん、お久しぶりですね~

Well, lama juga ya saya tidak menulis sesuatu di blog ini. Saking lamanya saya hampir lupa kalau masih memiliki blog hehe. Setelah berkutat tujuh bulan dengan skripsi, akhirnya saya wisuda juga *clap *clap. Yah bisa dikatakan saya pengangguran sekarang sebelum memasuki dunia kerja pada bulan November nanti. Singkat cerita, untuk mengisi waktu luang, saya banyak menonton drama Jepang. Yang paling saya suka dari drama Jepang adalah episodenya yang cukup singkat dan ide ceritanya yang unik.

Drama terakhir yang saya tonton berjudul 半沢直樹 (Hanzawa Naoki). Drama ini drama tahun 2013 yang bercerita tentang seorang bankir bernama Hanzawa Naoki. Saya tidak akan bercerita banyak tentang sinopsis drama ini tetapi tentang kata-kata yang sering diucapkan Hanzawa-san :

image

“やられたらやり返す、倍返しだ!(yararetara yarikaesu, baigaeshida!)”

kalau diterjemahkan ke bahasa Indonesia kira-kira artinya seperti ini : “Jika sesuatu dilakukan kepadamu, balas. Balas dua kali lipat.”

*やられたら (yararetara) = kata dasarnya adalah やられる (yarareru) + たら (tara). やられる merupakan bentuk pasif dari やる. やる artinya adalah to do (melakukan). Jadi やられる kira-kira berarti “dilakukan”. -たら (tara) adalah partikel yang digunakan untuk (sumber : jgram) :
1.もし(if)
2.~た後、~てから、~たとき(When…/After…)
3.本当ではないのこと (If (I) was/could/would….)
4.勧め(advice/suggestions) (Why don’t (you/we)…)

* やり返す (yarikaesu) = menjawab/membalas (to retort/to fire back/to answer)

*倍返しだ (baigaeshida) = 倍(bai) adalah partikel untuk menyatakan “kali”. Misalnya dua kali : 二倍 atau tiga kali : 三倍. Sedangkan 返し (kaeshi) berarti “kembali” (return favour/revenge). Saya sempat bingung mengapa 返し (kaeshi) dalam kata tersebut dibaca “gaeshi”, tetapi menurut teman saya yang merupakan native speaker hal tersebut untuk memudahkan pengucapan. -だ fungsinya mirip dengan -です hanya saja lebih kasual.

Kata-kata ini menjadi sangat populer di tahun 2013 sampai banyak yang menjadikannya sebagai meme. Yah, menurut saya kata-kata tersebut keren sih kalau diucapkan, meskipun saya bukan tipe orang yang suka balas dendam hehe. Untuk yang belum menonton drama ini coba tonton ya~

Tinggalkan Balasan

