Diposkan pada Bahasa Korea, Edutainment

[FUN LEARNING] Belajar Bahasa Korea Lewat Dongeng

Duh, siapa sih yang membenci dongeng? Mungkin bagi sebagian orang, usia 22 tahun sudah terlalu tua untuk dongeng, tapi kan tidak ada aturan yang mengatakan bahwa dongeng hanya boleh untuk anak-anak. Okay, sebenarnya saya tidak ingin membahas dongengnya sih, tetapi lebih ke belajar bahasa melalui dongeng. Kenapa dongeng? Karena dongeng memang sebagian besar ditulis untuk anak-anak jadi bahasa yang digunakan juga agak disederhanakan agar dapat dimengerti oleh anak-anak. Saya pikir dongeng cocok untuk saya yang level bahasa Koreanya..yah, tidak tinggi-tinggi amat.

donghwa
image credit : blog.naver.com/obsidian24

Akhir-akhir ini saya suka membaca dongeng dalam bahasa Korea. Hal tersebut saya lakukan sebenarnya untuk menguji seberapa besar saya memahami teksnya bukan untuk mencari hiburan. Membaca itu penting ketika kita sedang belajar bahasa asing. Selain bisa menambah kosakata, kita juga bisa belajar bagaimana kosakata tersebut digunakan dalam kalimat dan juga belajar tentang tata bahasa (kecuali jika yang dibaca komik atau bacaan dengan bahasa informal yang tidak mementingkan tata bahasa). Apalagi jika akan mengikuti ujian bahasa, pasti ada bagian soal yang isinya memahami teks. Nah, dongeng bisa jadi alternatif bacaan yang menyenangkan.

Dongeng dalam bahasa Korea disebut 동화 (donghwa). Banyak site berbahasa Korea yang menyediakan teks-teks dongeng gratis untuk bacaan. Coba cari “동화” di internet dan pilih site-nya. Salah satu site yaitu website EFKA (The Educational Foundation for Koreans Abroad) menyediakan ebook yang berjudul “동화로배우는한국어” (belajar bahasa Korea melalui dongeng). Ebook ini berisi 16 dongeng yang ditulis dalam bahasa Korea. Yang saya suka dari ebook ini  adalah selain gratis, ilustrasi di dalamnya juga berwarna sehingga lebih menyenangkan saat dibaca. Ini contoh halamannya :

donghwabook1

donghwabook2.PNG

Bagi yang ingin membaca ebook ini bisa mengunduh file-nya di sini.

Nah selain ebook ada juga dongeng versi video di Youtube. Salah satu channel yang sering saya ikuti adalah 헬로키즈(Hello Kids). Video dongengnya ada yang berbahasa Korea dan ada juga yang berbahasa Inggris. Video yang disediakan juga lumayan banyak. Selain itu, saya juga suka menonton video pada channel 박현기. Video yang disediakan memang tidak banyak tetapi lumayan panjang dibandingkan denga video Hello Kids, hehe.

Oke selamat menikmati dongeng ya. Dongeng Korea apa yang kalian paling suka? Share ya di bagian komen hehe. Bye~

Iklan

4 tanggapan untuk “[FUN LEARNING] Belajar Bahasa Korea Lewat Dongeng

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s