Peribahasa Bahasa Korea [속담] #2 : 뱁새 (Baepsae)

Peribahasa Bahasa Korea [속담] #2 : 뱁새 (Baepsae)

Penggemar BTS (방탄소년단) pasti sering sekali menemukan kata 뱁새 (baepsae) di dalam lirik lagu BTS. Bahkan 뱁새 (baepsae) sampai dijadikan judul lagu juga. Apa sih 뱁새 (baepsae) itu? Jika kalian cari di kamus, kata 뱁새 (baepsae) berarti Korean crow-tit yang merupakan salah satu jenis burung. Saya tidak tahu nama Indonesianya apa, yang jelas nama latinnya adalah Sinosuthora webbiana. Bentuknya seperti ini :

korean crowtit
뱁새 (baepsae). cr : 중앙일보

Burungnya imut sih, tapi kenapa burung ini begitu spesial sampai dijadikan lirik dan bahkan judul lagu oleh BTS? Lalu kenapa di lirik lagu Not Today ada kalimat “뱁새들아 다 hands up”  (para baepsae angkat tangan)?

Jadi di korea ada sebuah pribahasa yang berbunyi :

뱁새가 황새를 따라가면 다리가 찢어진다. Jika Baepsae mengikuti Hwangsae, kakinya akan patah.

Apa itu 황새 (hwangsae)?  황새 (hwangsae) merupakan jenis burung juga. Dalam bahasa Inggris burung ini disebut Oriental stork atau dalam bahasa Latin disebut Ciconia boyciana. Bentuknya seperti ini :

황새 hwangsae
황새 (Hwangsae). cr : 한국일보

Mengapa kaki 뱁새 akan patah jika mengikuti 황새? Karena kaki 뱁새 kecil dan 황새 panjang sehingga jika 뱁새 mencoba berjalan seperti 황새 dengan merentangkan kakinya sepanjang 황새 maka kakinya tersebut akan patah/robek. Arti dari pribahasa ini adalah : berambisilah sesuai dengan kemampuanmu atau jangan mencoba suatu hal yang berada di luar batas kemampuanmu.

Dalam lagunya 뱁새, BTS bercerita bagaimana generasi masa ini berada dalam masa sulit. BTS mengibaratkan pemuda generasi masa ini sebagai 뱁새 (baepsae) dan orang-orang generasi sebelumnya sebagai 황새. Orang-orang generasi sebelumnya sudah sukses berkat kerja keras mereka dan menuntut pemuda generasi sekarang untuk menjadi sukses seperti mereka dengan bekerja keras juga. Namun masalahnya, pemuda generasi sekarang berada dalam kondisi berbeda dengan generasi sebelumnya. Kompetisi kiat sengit, mencari pekerjaan susah, dan berbagai permasalahan ekonomi lainnya. Lagu 뱁새 secara umum menceritakan tentang ironi yang terjadi dalam budaya Korea. Orang-orang berkata (seperti pribahasa tadi) jangan berambisi besar jika kamu tidak terlahir sebagai silver spoon (orang yang kaya atau sejak lahir sudah spesial) tetapi disaat yang bersamaan orang-orang juga akan menyalahkan kita jika kita gagal karena dianggap kurang bekerja keras.

BTS suka sekali menggunakan kata 뱁새 dalam lagu mereka. Mereka mengartikan 뱁새 sebagai underdogs makanya dalam lagu Not Today disebutkan “뱁새들아 다 hands up!”. Lagu Not Today merupakan anthem untuk para underdogs diseluruh dunia. BTS juga “terlahir” sebagai underdogs. Mereka bukan berasal dari perusahaan besar, perusahaannya bahkan sangat kecil dengan beberapa orang pegawai saja. Jarang sekali grup dari perusahaan kecil sukses dalam industri musik (dunia per-idolan) di Korea. Oleh karena itu banyak media Korea yang menyebut mereka sebagai 흙수저 (dirt spoon). Ketika mereka bermimpi besar, banyak orang-orang yang mengatakan mereka tidak akan berhasil, sama seperti 뱁새. Mungkin dengan kata 뱁새, BTS ingin mengungkapkan bahwa mereka mungkin tidak terlahir dari perusahaan besar dan peluangnya kecil untuk sukses, tapi mereka tetap bisa menjadi 황새 dengan kerja keras.

Buat yang penasaran dengan lagu 뱁새 bisa dengar lagunya disini :

 Apakah kalian termasuk 뱁새 juga? 😀

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s