My Current Favorite Korean Webtoons!

My Current Favorite Korean Webtoons!

Salah satu alasan mengapa saya terus belajar bahasa Korea adalah karena ada begitu banyak hal menyenangkan yang bisa dilakukan dengan menggunakan bahasa ini. Untuk pecinta drama, variety show, atau K-pop pasti akan menyenangkan jika mengerti bahasa Korea. Ya, sekarang saya mulai mengikuti dunia K-pop kembali dan bahasa Korea sangat membantu saya dalam mengerti banyak hal, tidak cuma lirik lagu. Namun tidak hanya K-pop yang membuat saya “betah” belajar bahasa Korea. Hal menyenangkan lainnya adalah webtoon.

webtoon

Mengapa membaca webtoon berbahasa Korea padahal pada LINE webtoon Indonesia sudah diterjemahkan gratis?

Pertama karena tidak semua webtoon menarik telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Kedua karena tidak semua hal dalam bahasa Korea akan “berhasil” diterjemahkan ke dalam bahasa lain. Ada banyak percakapan dalam webtoon Korea yang terasa lebih lucu jika kita bisa mengerti bahasa Korea. Alasan ketiga adalah karena belajar bahasa Korea melalui webtoon menyenangkan. Banyak kosakata baru yang telah saya pelajari melalui Memrise terpakai ketika saya membaca webtoon.

Belakangan ini saya sangat rajin membaca webtoon. Judul yang saya baca memang tidak banyak tetapi sebagian besar diupdate pada hari yang berbeda sehingga saya membaca webtoon hampir tiap hari. Oh ya, saya sangat selektif dalam membaca webtoon. Saya memilih tidak membaca genre horror, action atau tipe manga Shounen karena lebih berat untuk level bahasa Korea saya saat ini. Genre seperti romance, drama atau slice of life biasanya bahasanya lebih ringan. Selain itu saya juga sangat selektif untuk urusan artwork. Banyak webtoon yang tidak saya baca karena gambarnya tidak sesuai dengan selera saya padahal belum tentu ceritanya jelek.

Dari banyak webtoon yang saya baca, ada beberapa webtoon bahasa Korea yang menjadi favorit saya. Yuk, intip di bawah ini :

1. 오빠 왔다

5

Webtoon ini jalan ceritanya sederhana, hanya seputar kehidupan kakak beradik yang tinggal bersama. Si kakak laki-laki pada webtoon ini digambarkan sangat menyebalkan. Adegan-adegan pada webtoon ini lucu dan relatable bagi yang memiliki kakak laki-laki. Saya tidak punya kakak laki-laki, sih tapi saya kenal seseorang yang tabiatnya persis dengan si kakak pada webtoon ini. Webtoon ini sangat saya rekomendasikan bagi pelajar bahasa Korea upper beginner karena bahasa yang digunakan tidak terlalu susah.

Status : Tamat. Baca disini.

2. 스쿨홀릭

4

Webtoon ini bercerita tentang kehidupan sehari-hari di sekolah. Webtoon ini pertama kali saya baca ketika kuliah dan ceritanya sangat relatable meskipun saya tidak pernah sekolah di Korea. Selain itu dari webtoon ini kita bisa tahu bagaimana kehidupan siswa-siswa sekolah di Korea. Webtoon ini cukup lucu tapi banyak kosakata yang agak susah dimengerti karena menggunakan slang. 

Status : Tamat. Baca disini.

3. 오늘도 사랑스개

3

Sama seperti Schoolholic, webtoon ini juga berlatar belakang sekolah. Hanya saja webtoon ini bertema romance fantasy. Jadi webtoon ini bercerita tentang kisah cinta seorang wanita yang terkena kutukan dan berubah menjadi anjing tiap tengah malam dengan seorang pria yang sangat takut dengan anjing. Keduanya sama-sama merupakan guru di suatu sekolah. Ceritanya ala-ala shoujo manga tapi tidak belum semendayu-dayu drama Korea. Bahasa yang digunakan di webtoon ini sebagian besar semi formal karena mencakup interaksi antar guru. Cukup mudah dimengerti untuk level saya dan slang yang digunakan juga hampir tidak ada.

Status : On going, update setiap Minggu. Baca disini.

4. 걸어서 30분

2

Webtoon ini bercerita tentang seorang gadis yang berdoa agar selama perjalanan pulang ke rumah (dari tempat bimbel) ia tidak kesepian. Doanya pun terwujud karena akhirnya ada anak laki-laki teman satu tempat bimbel yang arah pulangnya searah dengan dia. Tapi anak laki-laki ini sangat pendiam dan jarang sekali berbicara, berbeda dengan si gadis yang punya kepribadian ceria. Sesuai judulnya, sebagian besar isi cerita webtoon ini adalah tentang interaksi dua anak muda ini ketika berjalan pulang (yang memakan waktu 30 menit). Saya masih belum ada gambaran bagaimana webtoon ini ke depannya (tidak mungkin kan ceritanya hanya tentang “jalan bersama ke rumah” terus?). Meskipun ceritanya sederhana tetapi webtoon ini cute dan bahasa yang digunakan juga cukup mudah. Tidak banyak slang yang digunakan meskipun bercerita tentang anak sekolah.

Status : On going, update setiap Jumat. Baca disini.

5. 우리 오빠는 아이돌

1

Sebenarnya webtoon ini memiliki cerita yang mainstream layaknya shoujo manga biasa. Hanya saja gambarnya cantik jadi saya tidak dapat menahan godaan untuk membacanya. Jadi, ceritanya tentang seorang gadis yang merupakan penggemar berat seorang idol. Saking cintanya dengan idol tersebut, dia sampai mendaftar ke perusahaan yang dikepalai si idol tersebut. Tapi ternyata CEO dari perusahaan tersebut sudah berubah. Ujung-ujungnya si gadis masih dapat bertemu dengan “oppa”nya. Lucunya si CEO malah salah paham mengira kalau si gadis suka dengannya, padahal si gadis hanya ingin dekat dengan oppa idolnya. Cukup menghibur untuk yang suka dengan shoujo manga. Sebenarnya webtoon ini sudah diterjemahkan dalam webtoon USA hanya saja versi Koreanya lebih lucu. Bahasa yang digunakan juga kebanyakan semi formal dan tidak terlalu susah.

Status : On going, update setiap Sabtu. Baca disini.

Membaca webtoon dalam bahasa Korea membutuhkan usaha lebih besar karena tidak semua kata saya tahu artinya sehingga saya harus membuka kamus terlebih dahulu untuk kata-kata sulit. Oh ya, usahakan jangan membuka kamus terlalu sering ketika membaca sesuatu dalam bahasa asing. Pahami konteksnya terlebih dahulu. Saya hanya akan membuka kamus jika kata-kata yang tidak saya pahami merupakan kata-kata inti dari ceritanya. Jika kita masih bisa memahami kata tersebut dari konteksnya meskipun kita tidak tahu terjemahan persisnya, jangan membuka kamus. Kenapa? Karena akan mengurangi kenikmatan membaca itu sendiri. Membaca webtoon bukannya menyenangkan malah membuat stress. Oleh karena itu sesuaikan juga bacaan dengan kemampuan bahasa kita. Baca saja beberapa halaman dan jika memang banyak yang tidak kita mengerti jangan dipaksakan.

Oh ya kalau ada yang suka webtoon juga tolong rekomendasikan webtoon kesukaan kalian ya. Bahasa Indonesia atau Inggris boleh, komik juga boleh, asalkan gambar dan ceritanya bagus.  Annyeong!

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s