Slang Bahasa Korea #5 : Hubungan Tanpa Status

Slang Bahasa Korea #5 : Hubungan Tanpa Status

썸 (some)!

Saya baru tahu istilah ini setelah membaca webtoon 우리사이느은 (Our relationship is…). Sebenarnya istilah ini pernah dipakai beberapa kali sebagai judul lagu misalnya pada lagu duet 소유 (SoYou) x 정기고 (Junggigo) dan juga pada lagu Bolbbalgan4 (볼빨간 사춘기) yang berjudul 썸 탈꺼야. Hanya saja saya tidak pernah mencari tahu artinya apa dan ternyata artinya jauh berbeda dari yang saya bayangkan.

some
image credit : 1boon.kakao.com

썸 (sseom) sebenarnya berasal dari kata 썸씽 (sseom-ssing) yang merupakan konglish dari “something” atau “sesuatu”. Istilah ini digunakan untuk menyebut hubungan dua orang yang seperti berpacaran atau ada “sesuatu” tetapi tidak secara resmi mendeklarasikan diri sebagai sepasang kekasih. Dalam bahasa Indonesia sering disebut sebagai “hubungan tanpa status”.

썸 biasanya dipasangkan dengan kata “타다” (tha-da) dan menjadi 썸(을) 타다 yang berarti sedang menjalani hubungan tanpa status dengan seseorang. Ada juga istilah seperti 썸남 (sseom-nam) dan 썸녀 (sseom-nyeo). 썸남 merupakan istilah untuk laki-laki yang menjalani hubungan tanpa status dengan kita dan 썸녀 merupakan istilah untuk wanita yang menjalani hubungan tanpa status dengan kita.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s